0561-574251 | cs@o-degree.com

HADIAH DARI LIDAHBUAYA

Setiap wanita tentunya ingin tampil cantik dalam setiap penampilannya. Untuk tampil cantik, sebenarnya tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal bila tahu caranya. Cantik dengan bahan-bahan alami dirasa lebih baik dikarenakan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Salah satu bahan alami terbaik yang bisa dipilih adalah Lidahbuaya.

 

Lidahbuaya atau yang bisa juga dikenal dengan nama Aloevera ini sejak jaman dahulu dipercaya dan terbukti bermanfaat untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan. Terdapat lebih dari 200 jenis tanaman Lidahbuaya/Aloevera, namun sebenarnya hanya lima jenis yang dipertimbangkan memiliki manfaat untuk kecantikan atau digunakan untuk produk-produk perawatan tubuh, yakni Aloe Vera Barbadensis, Aloe Perryi Baker, Aloe Ferrox, Aloe Arborescens dan Aloe Saponaria.

 

Lidahbuaya yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan adalah lidahbuaya yang telah dewasa. Semakin tua tumbuhan Lidahbuaya, semakin memberi manfaat untuk nutrisi maupun pengobatan. Ciri-ciri fisiknya adalah pelepah telah membesar dan merebah ke bawah, kira-kira bersudut 45 derajat. Selain itu, lapisan lilin pada pelepahnya tidak lagi berbintik-bintik. Agar kandungan nutrisi lidahbuaya yang telah dewasa maksimal, perlu dijaga proses pertumbuhannya, selain pemberian nutrisi dan paparan sinar matahari langsung yang optimal. Proses panen pelepah lidahbuaya juga perlu dilakukan secara teratur setiap selang waktu tertentu mulai dari pinggir bagian terluar. Hal ini agar pelepah yang terletak dibagian dalam bisa menyerap nutrisi secara maksimal dari dalam tanah dan regenerasi pertumbuahan pelepah menjadi optimal.

 

Lignin merupakan salah satu kandungan yang terdapat di dalam daun lidahbuaya yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak kering dan terjaga elastisitasnya, serta mencegah terjadinya alergi kulit pada pemakainya. Ditambah dengan kandungan antraquinon dan asam amino yang efektif bagi regenerasi kulit dan menghilangkan sel kulit yang sudah mati. Daging dari pelepah lidahbuaya memiliki tingkat keasaman (pH) yang sama dengan yang dimiliki oleh manusia dan kandungan nutrisi didalamnya memiliki daya resap atau penetrasi yang baik ke dalam lapisan tubuh. Selain itu terdapat juga kandungan saponin yang berdaya guna sebagai anti-bakteri, anti-jamur dan anti-oksidan alami.

 

Lidahbuaya sangat terkenal untuk membuat rambut menjadi sehat, subur dan indah. Mungkin manfaat ini sudah kita dengar sejak kecil, dan sering dianjurkan menggunakan tanaman ini untuk memperbaiki kualitas rambut dan kulit kepala. Itulah sebabnya banyak shampoo yang menggunakan ekstrak lidahbuaya dalam kandungan produknya. Manfaat ini didapat dari kandungan glyco-protein ada didalamnya. Bila anda memiliki tanaman ini di rumah, Anda dapat memanfaatkannya dengan cara mengupas kulit, mencuci getah dari lapisan kulit tersebut lalu menggosokkan bagian dagingnya ke bagian rambut dan kulit kepala beberapa saat hingga menyerap sempurna sebelum keramas atau mencuci rambut.

 

Selain itu gel lidahbuaya dapat digunakan untuk mengobati luka gores, tersayat, gigitan serangga dan ruam. Efek dingin dari jelly lidahbuaya ini dapat juga menjadi pertolongan pertama saat Anda menderita luka bakar atau tersiram air panas. Dapat pula dimanfaatkan untuk kulit yang perih akibat sengatan sinar matahari yang berlebih. Cukup tempelkan daging lidahbuaya pada area yang terluka. Sensasi dingin yang dihasilkan akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Penggunaan teratur bisa membuat kulit sehat dan tampak berseri. Anda juga dapat memanfaatkan lidahbuaya sebagai masker wajah, karena mengandung anti-oksidan yang mencegah proses penuaan dini.

Share this: