0561-574251 | cs@o-degree.com

SENSASI MINYAK-KELAPA

Minyak kelapa biasanya dibuat oleh ibu ibu secara tradisional, dan umumnya dipergunakan untuk minyak rambut pada jaman dahulu. Dan untuk jaman sekarang, rasanya sudah tak banyak lagi ibu yang mau membuat minyak kelapa sendiri. Karena produk minyak goreng maupun minyak rambut sudah tak sulit lagi didapatkan. Advertisement Minyak kelapa banyak digunakan di negara-negara tropis seperti India, Sri Lanka, Thailand, Filipina , Indonesia dll, yaitu memiliki produksi minyak kelapa terbaik. Bahkan Minyak ini juga pernah populer di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Kanada, namun di tahun 1970 telah banyak digantikan oleh minyak jagung dan minyak kedelai. Minyak kelapa pernah dianggap berbahaya bagi tubuh, karena kandungan yang tinggi lemak jenuh hingga dekade terakhir  yaitu tahun 2000-an.

 

Manfaat minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat  yang dikaitkan dengan kandungan asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat, yang memiliki sifat seperti antimikroba, antioksidan, antijamur, antibakteri dan bersifat menenangkan. Dalam perawatan kesehatan, minyak kelapa memiliki banyak kegunaan, antara lain; perawatan rambut, perawatan kulit, menghilangkan stres, menjaga kadar kolesterol, menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan, melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membantu agar terhindar dari  masalah ginjal, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, perawatan gigi, dan kekuatan tulang. Apakah asam laurat dalam minyak kelapa digunakan oleh tubuh kita? Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang diklaim untuk membantu menangkal virus dan bakteri , penyebab penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, dan bahkan HIV. Juga dalam memerangi bakteri berbahaya lainnya  seperti listeria monocytogenes, helicobacter pylori, dan protozoa seperti  giardia lamblia. Sebagai hasil dari berbagai manfaat kesehatan yang didapat dari minyak kelapa, meskipun mekanisme kerjanya secar tepat tidak diketahui, minyak kelapa telah banyak digunakan dalam sistem pengobatan tradisional India.

Sebelum kita membahas manfaat minyak kelapa secara rinci, mari terlebih dahulu kita memahami komposisinya. Komposisi Minyak Kelapa: Minyak kelapa terdiri dari lebih dari sembilan puluh persen dari lemak jenuh, dan dengan beberapa jenis asam lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Minyak kelapa murnipun tidak jauh berbeda. Asam lemak jenuh: Kebanyakan adalah zat trigliserida rantai menengah, yang seharusnya untuk mengasimilasi dengan baik. Asam laurat adalah kontributor utama, dengan tersedia  lebih dari empat puluh persen, kemudian diikuti oleh asam kaprat, asam kaprilat, asam miristat dan palmitat. Asam lemak tak jenuh ganda: Asam linoleat. Asam lemak tak jenuh tunggal: Asam oleat. Poly-fenol: kelapa mengandung asam galat, yaitu asam fenolat. Yaitu poli-fenol yang seharusnya bertanggung jawab atas aroma dan rasa minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan poli-fenol. Derivatif tertentudari asam lemak lain seperti betain, ethanolamide, etoksilat, ester lemak, polisorbat lemak, monogliserida dan poliol ester. Klorida lemak, lemak alk*hol sulfat dan asam lemak alk*hol eter sulfat, yang semuanya adalah turunan dari alk*hol lemak. Vitamin-E , vitamin K dan mineral seperti zat besi.

 

Untuk Perawatan rambut Minyak kelapa adalah salah satu sumber nutrisi alami terbaik untuk rambut. Yaitu dapat membantu  pertumbuhan rambut yang sehat dengan  memberikan lapisan mengkilap. Hal ini efektif dalam mengurangi kerugian protein, baik bagi rambut yang rusak maupun rambut yang tidak rusak. Sebagian besar orang dulu di negara-negara seperti negara asia tenggara mengoleskan minyak kelapa pada rambut mereka setiap hari setelah mandi. Ini berguna sebagai kondisioner yang sangat baik dan membantu pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Hal ini juga bermanfaat untuk menyediakan protein dan gizi penting yang diperlukan untuk rambut yang rusak. Studi penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh kelelahan hygral. Memijat kepala secara teratur dengan minyak kelapa untuk memastikan bahwa kulit kepala Anda bebas dari ketombe, bahkan untuk kulit kepala yang kering. Hal ini juga membantu dalam menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu. Oleh karena itu minyak kelapa baik digunakan sebagai minyak perawatan rambut dan atau untuk pembuatan berbagai kondisioner, dan krim bebas ketombe. Minyak kelapa biasanya dioleskan jika digunakan untuk perawatan rambut.

Untuk Perawatan kulit Minyak kelapa merupakan minyak pijat yang sangat baik untuk kulit juga. Ini bertindak sebagai pelembab efektif pada semua jenis kulit, termasuk kulit kering. Manfaat dari minyak kelapa pada kulit adalah sebanding dengan minyak mineral. Namun, tidak seperti minyak mineral, karena minyak kelapa tak memiliki efek samping yang merugikan pada kulit. Oleh karena itu minyak kelapa adalah solusi aman untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit. Ini juga dapat menunda kulit keriput dan kulit kendur yang biasanya datang pada usia tua. Minyak kelapa juga membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit, termasuk psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya. Oleh karena itu minyak kelapa digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan tubuh seperti sabun, lotion, krim, dll, yang digunakan untuk perawatan kulit. Minyak kelapa juga membantu dalam mencegah penuaan dini dan penyakit degeneratif karena antioksidan.

Share this: